Pengurus OSIS

PEMBINA OSIS

  • PAK IMAN PERMANA HADI
  • Anggota OSIS

    Hemat Energi


    “Orang bilang tanah kita tanah surga” cuplikan lagu tersebut sudahlah tak asing lagi terdengar di telinga kita. Lagu garapan Toni Koeswoyo tersebut sangatlah fenomenal dan melegenda hingga kini. Memang sayapun mengakui bahwa tanah Indonesia ini memamng subur dan makmur. Sebenarnya menurut saya Indonesia tidaklah layak untuk hidup susah. Karena kekayaan sumber daya alam dan kekayaan sumber daya energi di Indonesia begitu kaya. Tapi pada kenyataannya, semua sumber daya alam di Indonesia kini sudah mulai menipis begitu pula dengan sumber energinya.

    Memang tidak bisa dipungkiri lagi menipisnya sumber daya alam dan sumber energi di Indonesia diakibatkan dari ulah masyarakatnya sendiri. Keserakahan manusia, mungkin itulah yang menyebabkan menipisnya SDA serta Sumber energi di Indonesia. Keinginan masyarakat untuk menguasai dan berkuasa sangatlah berdampak negative bagi SDA dan sumber energi yang tersedia. Keinginan-keinginan dan keserakahan-keserakahn manusia itu malah merusak semuanya. Selain itu Sifat manusia yang boros dan kesalahan manusia dalam mengolah sumber daya yang tersedia telah membuat semakin menipisnya sumber-sumber energi yang ada. Keadaan ini sangatlah berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Penggunaan sumber-sumber energi khususnya penggunaan sumber energi berupa minyak bumi Yang terlalu berlebihan sangatlah membahayakan dan dapat menurunkan tingkat kesejahteraan kita terutama kesejahteraan anak cucu kita. Bias kita bayangkan apabila kita hidup dengan sumber energi yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Kita akan semakin sulit untuk melakukan sesuatu. Pada saat ini dampak dari menipisnya energi sudahlah sangat terasa di kehidupan kita. Pemadaman listrik bergilir yang sudah berlaku di kota-kota besar terutama di ibu kota, sangatlah menghambat aktifitas keseharian masyarakat Indonesia khusunya masyarakat ibu kota. Sampai saat ini pemadaman litrik secara bergilir itupun masih berlaku. Hal itu ditujukan agar tingkat penggunaan energi di Indonesia tidak terlalu tinggi.

    Menghemat energi, mungkin itulah yang harus kita lakukan sekarang. Kita harus senantiasa menumbuhkan akan sikap hemat terhadap energi. Kita harus sadar bahwa energipun akan habis jika kita tidak menggunakannya dengan benar. Banyak cara untuk menghemat energi. Salah satunya mungkin dengan penghematan listrik, penghematan menggunakan bahan bakar minyak dan lain sebagainya. Hal itu harus kita lakukan dari sekarang. Kita juga harus menumbuhkan kesadaran kepada orang lain, kepada anak dan cucu kita untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, kehidupan yang kaya akan sumber energi. Bukan hanya untuk kehidupan kita tetapi juga untuk kesejahteraan kelangsungan hidup anak cucu kita